Saturday, November 24, 2007

Global warming tu apaan sih?

Global warming,atau dalam bahasa indonesianya "pemanasan global",dalam bahasa jepang "chikyuu ondanka" adalah sebuah gejala meningkatnya temperatur rata-rata permukaan bumi,atmosfir dan pemukaan laut.Mengapa bisa terjadi pemanasan ini?jawabanya tidak lain tidak bukan dikarenakan "ulah" manusia.Menurut science dan berbagai penelitian para ilmuwan,penyebab utama pemanasan global ini adalah meningkatnya gas-gas rumah kaca di atmosfir secara drastis,diantaranya adalah gas karbondioksida-gas yang dihasilkan dari pembakaran batubara,minyak bumi,gas alam,pembakaran hidrokarbon,dll-gas yang paling banyak dihasilkan dari aktivitas manusia.Selain itu ada juga gas freon-yang memiliki "usia" paling lama bertahan diatmosfir-,SOx,NOx,methane(CH4),dll.
Mekanismenya secara mudah dapat dijelaskan sbb,
  • Energi yang dipancarkan dari matahari ke bumi,hampir 70%nya diserap oleh atmosfir dan permukaan bumi kemudian energi berubah menjadi panas.
  • Sinar infrared(inframerah) yang dipancarkan oleh permukaan bumi sebagian diserap oleh gas rumah kaca yang ada diatmosfir sehingga menimbulkan panas yang menyebabkan bumi menjadi hangat dan layak utk di huni.
  • Karena aktivitas yang dilakukan manusia,gas rumah kaca semakin meningkat sehingga menyebabkan penyerapan infrared juga semakin meningkat melebihi kondisi balance(seimbang) yang pada akhirnya menyebabkan suhu bumi naik.
Dengan meningkatnya suhu bumi,keseimbangan bumi menjadi terganggu,es di kutub utara mencair sehingga volume permukaan laut naik,atau peningkatan suhu juga menyebabkan air laut memuai(ini juga meyebabkan permukaan air laut naik),dengan naiknya permukaan laut bisa dibayangkan apa jadinya daerah-daerah yang dipesisir2 pantai,daerah pulau-pulau kecil,bisa jadi untuk bbrp tahun kedepan daerah-daerah tersebut hanya tinggal menjadi sebuah cerita(red:tenggelam).
Masih banyak efek-efek lain yang diakibatkan oleh pemanasan global,keseimbangan habitat hewan dan tumbuhan juga terganggu,curah hujan yang tinggi di daerah tropis,kekeringan,badai,dll.

pesan penulis:"pemanansan global,dan juga kerusakan-kerusakan di bumi lainnya tak lain adalah karena ulah manusia,kalau bukan manusia yang memperbaikinya,siapa lagi?"

by gats_akira
sumber:wikipedia,http://www.eic.or.jp/library/ecolife/knowledge/earth02a.html

No comments: