Wednesday, November 28, 2007

way to solve global warming,be a good moslem!!

Banyak peraturan-peraturan maupun cara-cara yang diajukan banyak kalangan,kalangan pebisnis,pemerintah,kalangan terpelajar,dll,sebagai langkah yang diambil untuk mengatasi berbagai permasalahan lingkungan,dari mulai masalah sampah,global warming,perusakan hutan,pencemaran laut,dan sebagainya..
Kita ambil saja bbrp contoh konkritnya,misalnya saja sebagian daerah di jepang memiliki peraturan supaya masyarakatnya membuang sampah berdasarkan jadwal dan juga harus dipisah2 berdasarkan jenisnya,atau peraturan yang ditujukan kepada produsen agar membatasi produksinya dan mengolah limbahnya,dan masih banyak yang lainnya,..
lah lantas apa hubungannya dengan "menjadi muslim yang baik"?

Coba anda buka lagi Al-qur`an,dalam surat Al isra 26-27 Allah berfirman
"Artinya : Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syetan".

atau dibagian yang lain Allah juga berfirman

"Artinya : Hai anak Adam (manusia), pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan".[Al-A'raf : 31]

dengan dua ayat di atas saja,saya rasa sudah sangat cukup untuk dijadikan dasar bahwa seorang muslim yg baik itu sangat tidak dianjurkan utk berlebih-lebihan,..
konsumsi yang berlebihan,produksi yg berlebihan,memakai energi melebihi kebutuhan,membuang-buang penggunaan air,dan lain2 akan dengan mudah teratasi,seorang muslim yang baik itu sangat ga pantas utk berlaku berlebih-lebih,nah gampang khan..?
Bahkan dibbrp penjelasan dari Rasulullah,ada yang menyebutkan,janganlah memakai air berlebih-lebihan dalam berwudhu sekalipun di sungai yang mengalir,..
atau rasulullah juga mencontohkan dan sunnah yang baik dalam wudhu dan juga mandi,beliau menggunakan air sangat sedikit kurang lebih satu atau dua gayung yg tidak besar..
sangat jelas bahwa dalam islam menjaga lingkungan adalah suatu yang memang disyariatkan,ga perlu repot-repot mengklasifikasikan,ga boleh ini ga boleh itu,
jadi seorang muslim lalu terapkan syariat dengan baik..bukan hanya masalah lingkungan yang akan teratasi,masalah hidup lainnya pun pasti ada solusinya.


by gagat sukmono

No comments: